Kolestrol Dalam Tubuh Manusia, Manfaat dan Bahayanya | Yuk dibaca !

Kolestrol Dalam Tubuh Manusia Ada 2 Jenis

Kolestrol dalam tubuh manusia terdiri dari 2 jenis yaitu kolestrol baik dan kolestrol jahat. Kolestrol baik adalah HDL atau lipoprotein dengan jumlah kepadatan yang tinggi dan dianggap sebagai kolestrol baik yang bisa mengangkut kolestrol dari sel-sel dan kemudian kembali ke hati.

Di hati, kolestrol dihancurkan dan selanjutnya dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran melalui proses BAB (buang air besar).

kolestrol dalam tubuh manusia

Sedangkan kolestrol jahat (LDL) atau lipoprotein dengan tingkat kepadatan yang rendah yang bisa mengangkut kolestrol dari hati ke sel-sel yang membutuhkan.

Jika jumlah kolestrol tersebut tinggi dari serta melebihi dari jumlah yang dibutuhkan, maka kolestrol tersebut akan mengendap pada dinding bagian arteri dan pada akhirnya bisa mengakibatkan terjadinya penyakit LDL atau kolestrol jahat.

Kadar kolestrol jahat di dalam tubuh bisa memberikan dampak kurang baik bila telah melebihi batas normal yaitu 160-200 mg.

Kadar kolestrol seseorang dikatakan tinggi apabila telah melebihi 200 mg. Untuk mengetahui dengan pasti kadar kolestrol dalam tubuh anda, sebaiknya dilakukan pemeriksaan dengan cara test darah di laboratorium.

Beberapa Gejala Kolestrol Tinggi Dalam Tubuh Manusia :

1. Kram Yang Terjadi di Malam Hari

Di saat tidur malam hari, orang dengan gangguan kolestrol tinggi biasanya akan merasakan kram di bagian tumit, jari kaki atau pada kaki bagian bawah. Rasa sakit ini akan hilang jika posisi kaki digantung atau berada lebih tinggi dari posisi jantung. Cara mudahnya adalah angkat kaki anda di saat tidur selama beberapa menit sampai kram yang muncul hilang secara perlahan. Atau Anda juga bisa sandarkan kaki anda ke dinding.

2. Nyeri di Kaki

Gejala ini merupakan gejala umum, nyeri terasa di bagian kaki atau juga munculnya rasa kurang nyaman pada bagian kaki. Hal ini bisa diakibatkan karena tersumbatnya arteri  sehingga aliran darah yg seharusnya masuk ke kaki mengalami hambatan. Kaki juga terasa berat atau menjadi terasa lelah saat sedang digunakan. Rasa kurang nyaman ini bisa menyebar ke seluruh bagian kaki, betis, paha bahkan pantat.

Gejala ini akan hilang jika anda menggerakkan kaki anda atau Anda gunakan untuk berjalan. Dan akan timbul lagi jika sedang digunakan dalam waktu yang lama.

3. Kuku Berubah

Kuku berubah adalah salah satu gejala dari Kolestrol TINGGI. Hal ini disebabkan karena kuku tidak mendapatkan asupan darah yang cukup sebagai akibat dari sirkulasi darah tidak lancar menuju kuku kaki.  Dan akan terjadi  perubahan pada kuku seperti kuku yang menebal dan juga tumbuh menjadi lebih lambat saat Anda potong.

4. Kulit Berubah

Dokter sering melakukan pemeriksaan pada pasien yang sering merasakan beberapa gejala KOLESTROL TINGGI dengan cara mengangkat, menggantung, meletakkan kaki pasien diatas kursi atau meja.

Makanan Pencegah Kolestrol Tinggi

1. Apel

Apel merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk mencegah Kolestrol Tinggi, karena apel mengandung serat larut dan serat tidak larut yang sangat tinggi seperti Phsyllium Husk yang terkandung dalam Fiforlif ABE.

Tubuh Anda akan jauh lebih sehat jika sering makan buah apel sehingga anda tidak perlu takut untuk melakukan pemeriksaan kolestrol ke dokter.

Kedua serat yang terkandung dalam apel sangat membantu untuk menurunkan kolestrol, mencegah terjadinya pergeseran arteri dan juga melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke.

2.  Buah Alpukat

Buah Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan asam oleat dan juga kemak tidak jenuh, juga mengandung serat pangan yang bisa membantu meningkatkan jumlah kolestrol baik sekaligus menurunkan kolestrol buruk.

3.  Gandum

Gandum merupakan salah satu makanan untuk mencegah kolestrol tinggi dengan banyak kandungan zat bermanfaat lainnya.

Salah satu penelitian yang dilakukan menujukkan bahwa pengarh buruk dari kolestrol yang tinggi bisa diminimalisir oleh beta-glucan, jenis serat yang terkandung dalam gandum.

Semoga bermanfaat.

Untuk menurunkan KOLESTROL, Menormalkan GULA DARAH, Melancarkan BAB, kami menyediakan herbal penurun berat badan FIFORLIF untuk Anda.

Demikianlah info tentang kolestrol dalam tubuh manusia yang perlu anda ketahui agar bisa mengontrol keberadaan kolestrol dalam tubuh Anda.

Silahkan diSHARE biar semakin banyak yang bisa merasakan manfaatnya