Manfaat Kolesterol Dalam Tubuh Manusia

Manfaat Kolesterol Dalam Tubuh – Selama ini Anda mungkin lebih sering mendengar dampak negatif dari kolesterol ketimbang dampak positifnya. Hal tersebut wajar saja, karena dampak negatif yang ditimbulkan oleh kolesterol sangatlah serius, berbahaya dan menakutkan yang bisa membuat seseorang menderita bahkan bisa berujung pada kematian.

Kolesterol tidak selamanya hanya membawa dampak negatif dan penyakit pada tubuh manusia. Kolesterol adalah salah satu komponen penting dalam tubuh manusia.  Tanpa kolesterol maka manusia bisa mengalami gangguan kesehatan dan mungkin bisa mengalami kematian.

Secara umum kolesterol dibutuhkan oleh tubuh manusia sebagai bahan dasar dalam pembuatan unsur-unsur yang penting bagi tubuh.

manfaat kolesterol dalam tubuh

Manfaat Kolesterol dalam Tubuh

Kolesterol yang ada di dalam tubuh diproduksi melalui hati atau liver manusia. Begitu pentingnya manfaat kolestrol dalam tubuh, maka hati dan liver manusia memproduksinya. Apa manfaatnya ? silahkan baca terus,,,

Karena kebutuhan kolestrol bisa dicukupi hanya dari proses di dalam tubuh, maka tidak perlu sekiranya untuk mendapatkan kolesterol dari luar tubuh kita. Misalnya makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari, sebaiknya tidak perlu yang mengandung kolesetrol.

Nah, karena kadang kala kita malah memenuhi kolesterol yang berasal dari luar tubuh inilah yang membahayakan. Kolesterol yang berasal dari luar memiliki sifat untuk merusak, bahkan bisa menaikkan kadar kolesterol yang berpengaruh langsung pada organ tubuh lain.

Seperti sistem peredaran darah, otak, serta jantung. Kelebihan kolesterol ini biasanya mengenai orang orang yang sudah masuk ke dalam usia lanjut. Karena sudah mengkonsumsi berbagai makanan entah yang baik atau buruk untuk tubuhnya. Kolestrol yang ada dalam tubuh itu sifatnya tidak bisa langsung dikeluarkan, namun ditimbun yang lama-kelamaan semakin tinggi dan naik.

Jenis Kolesterol dalam Tubuh Manusia

 Di dalam tubuh manusia, setiap orang memiliki kadar kolesterol yang ada di dalam darahnya. Bahkan sebagian besar, kolesterol yang ada di dalam tubuh manusia sebanyak 80% diciptakan oleh hati atau liver.

Kemudian 20% lainnya berasal dari dari luar tubuh, misalnya dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Dari jenis yang ada, kolesterol di bedakan menjadi 2 yakni HDL (High Density Lipoprotein) atau biasa di kenal dengan kolesterol baik, serta LDL (Low Density Lipoprotein) atau biasa di kenal dengan kolesterol jahat.

Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)

HDL merupakan salah satu jenis kolesterol yang baik untuk tubuh kita. Salah satu manfaat kolestrol dalam tubuh adalah membantu untuk membersihkan pembuluh darah dari kotoran atau benda asing yang berasal dari luar tubuh.

Selain itu, fungsi dari HDL ini juga membersihkan darah kotor yang berlebih yang dihasilkan oleh si kolestrol jahat atau LDL. Kondisi tubuh dengan keadaan kolestrol HDL yang tinggi akan sangat menguntungkan anda. Ini adalah bukti bahwa anda memiliki tubuh yang sehat.

Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)

LDL biasa dikenal sebagai kolesterol jahat. Biasanya terjadi jika jenis kolesterol LDL yang ada di dalam tubuh melebihi jumlah yang diijinkan. Sehingga bisa merusak dinding pada pembuluh darah anda, seperti pecah atau tersumbat.

Kolestrol jahat ini bisa berbentuk seperti endapan, yang mana bisa mengendap di mana saja. Jika letak endapan berada di pembuluh yang menuju ke jantung, maka bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. Namun jika letak endapannya berada di otak, maka bisa menyebabkan penyakit stroke.

Selain itu, keberadaan kolesterol jahat ini juga berpengaruh pada trigliserida, yakni sejenis lemak yang bisa terbentuk dari lemak dan dari bahan makanan yang lain misalnya seperti karbohidrat dan protein yang memiliki kadar berlebih.

Keadaan karbohidrat dan protein yang berlebih ini tidak digunakan oleh tubuh lagi yang berguna sebagai sumber energi. Maka jika diendapkan terus menerus bisa menjadi lemak dan daging yang menyebabkan seseorang mengalami kegemukan atau obesitas.

Itulah mengapa orang orang yang sudah memiliki kelebihan berat badan sangat dianjurkan untuk menjaga kalori yang ada di dalam tubuhnya. Sebab mereka cenderung tidak membutuhkan kandungan karbohidrat dan protein lagi bagi tubunya. Namun jika ia tetap memasukan makanan ke dalam tubuh, maka zat zat tersebut akan berubah menjadi trigliserida yang tidak baik untuk tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat kolesterol dalam tubuh manusia :

  • Kolesterol digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan garam empedu yang berfungsi untuk membantu usus dalam menyerap lemak.
  • Kolesterol digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan vitamin D yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.
  • Kolesterol digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan hormon seks yang berperan sangat penting dalam perkembangan dan fungsi organ seksual.
  • Kolestrol digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan hormon korteks adrenal yang mempunyai peran sangat penting untuk metab lisme di dalam tubuh serta keseimbangan garam di dalam tubuh.
  • Kolesterol digunakan oleh tubuh untuk pertumbuhan jaringan otak dan syaraf.
  • Kolesterol digunakan oleh tubuh untuk pembungkus jaringan saraf dan melapisi membran sel.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa tidak benar anggapan bahwa kolesterol tidak memiliki manfaat bagi tubuh manusia dan hanya bersifat merugikan bagi kesehatan. Uraian diatas menunjukkan manfaat kolesterol dalam tubuh  dengan berbagai proses yang terjadi, dan tubuh kita memang membutuhkan kolesterol.

Kelebihan kolestrol dalam tubuh bisa diturunkan ke kadar normal dengan salah satu cara yaitu rajin konsumsi buah dan sayuran. Jika Anda termasuk orang yang sibuk, maka untuk menurunkan kadar kolestrol berlebihan di tubuh Anda, Anda bisa minum Fiforlif secara rutin sebagai ganti kebutuhan buah dan sayur. Anda juga bisa lihat video tentang usus kotor yang dipenuhi oleh kolestrol dan lemak.

Semoga informasi tentang manfaat kolestrol dalam tubuh manusia ini bermanfaat buat Anda

Tidak perlu diSHARE ika Anda rasa info ini bermanfaat – trims